Rabu, 09 Maret 2016

Pelantikan Pramuka 2016




Pelantikan Pramuka 2016


Sabtu yang lalu, saya dan teman teman saya dan seluruh siswa dan siswi angkatan dua puluh empat berpartisipasi dalam kegiatan SMP Labschool Rawamangun ini, yaitu pelantikan pramuka. Pelantikan pramuka ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2016 yang lalu itu, sehari sebelum pelantikan, kita diberi permintaan dadakan yaitu harus bawa tongkat individu yang sudah di cat kuning dan merah, hasduk, ring, dan atribut kepramukaannya. Hari Sabtu, kita dating ke SMP Labschool Jakarta dan menunggu di Hallma untuk upacara pagi yang dipimpin oleh kakak-kakak pramuka, kita disuruh membawa SKU, semaphore dan lain lain jadinya tas kita penuh semua dan berat semua, kita memakai seragam lengkap pramuka.

            Kita menggunakan tronton untuk sampai ke tempat pelaksanaan, yaitu Studio Alam yang berada di Depok. Perjalanan nya bisa satu atau dua jam, saya kebagian tronton ke dua, yang isinya regu hiu, kuda, kelelawar dan lainnya, kita bercanda ria didalam tronton itu. Kita memakan cemilan kita untuk mengisi perut kita.

Sesampainya di tempat pelaksanaan, kami berbaris sesuai kelompok pramuka dan diberi sambutan-sambutan. Setelah itu, kami diberi soal-soal oleh Kak Tris yang dikerjakan bersama kelompok masing-masing. Selanjutnya, kami berbaris kembali sesuai kelompok dan menuju ke pos-pos yang sudah disediakan. Pada pos satu, kami diminta untuk menghafal kode kehormatan, yaitu dasadarma dan trisatya, untungnya kelompok saya sudah hafal dasadarma dan trisatya. Pada pos dua, kami diajarkan semaphore dan diberi soal semaphore. Siapa yang bisa menjawab terlebih dahulu, maka kelompok tersebut akan melanjutkan ke pos 3. Pada pos 3, kami diajarkan cara membuat tandu, kelompok saya agak lama membuatnya. Setelah selesai membuatnya, kami melanjutkan ke pos 4. Pada pos 4, kami diminta untuk membawa korban dari salah satu anggota kelompok masing-masing yang pura puranya sudah kena penyakit, teman saya kebagiannya sakit mata kiri, jadi mata kirinya di tutup dengan kain berwarna biru, dan melewati rintangan-rintangan yang sudah disediakan. Selanjutnya, kami  kembali ke lapangan dimana tempat kita berbaris sesuai kelompok. Di lapangan tersebut, kami diajarkan tentang Pelajaran Baris Berbaris (PBB) bersama dengan Kakak pembimbing yaitu Kak Tris. Setelah itu, kami menuju masjid untuk melaksanakan shalat dzuhur dan ashar sejara jama. Selanjutnya, kami melaksanakan makan siang secara bersama-sama.

Makan bersama nya itu harusnya menggunakan tikar untuk alas tempat duduk saya dan teman seregu saya, tapi regu saya tidak punya tikar, jadi kami duduk di aspal pinggir jalanan, kami memakan bekal kita yang kita bawa sendiri karena tidak dikasih makanan oleh pihak sekolah.

Setelah makan bersama, kita bersiap-siap di lapangan untuk pelantikan pramuka, acaranya dipimpin oleh pak Ali Chudori, tapi sebelum acara pelantikannya berlangsung, kita berlatih dulu dengan kak Tris. Setelah latihan selesai, kita baru melaksanakan acara pelantikannya yang asli, acara pelantikan ini dipimpin oleh pak Ali Chudori dan di ikuti oleh semua siswa dan siswi SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool Rawamangun yang ingin dilantik. Kita diberi nomor gudep yang ditempelkan di lengan baju kita, setelah itu kita bersiap siap dan berkemas kemas barang kita, tapi tongkat saya hilang, jadi saya mencarinya dulu lalu baru pulang ke SMP Labschool Rawamangun dan pulang bertemu orang tua saya. Pengalaman yang sangat seru!.

            

0 komentar:

Posting Komentar