Senin, 08 Mei 2017

Gangguan Bipolar dan Dampaknya Bagi Manusia BAB 3

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan  
Gangguan bipolar adalah gangguan psikis yang membuat penderita tidak dapat mengontrol suasana hatinya, ditandai dengan perubahan mood yang sangat drastis. Gangguan bipolar dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah faktor individu dan faktor yang diluar seperti lingkungan. Gangguan bipolar dibagi menjadi dua tahap, episode manik dan depresi, gangguan bipolar memiliki beberapa tipe, yaitu bipolar tipe I, bipolar tipe II, Cylothymia, Bipolar NOS, dan Rapid Cycling.  Gangguan bipolar sudah ditemukan sejak dahulu, dan masih berkembang, gangguan bipolar dapat dirawat menggunakan dua teknik, teknik farmakologi dan teknik psikoterapi.

B. Saran
            Berdasarkan hal yang dibahas di karya tulis ini, terdapat berbagai saran yang bisa kita ambil, antara lain:
1.      Dikarenakan tidak ada obat yang bisa menyembuhkan gangguan bipolar dengan total, penderita harus melakukan perawatan dan terapi yang benar secara rutin, teknik perawatan yang bisa dilakukan ada 2, yaitu teknik farmakologi dan teknik psikoterapi.
2.      Untuk orang-orang yang disekitar penderita, usahakan selalu bersikap positif terhadap penderita, beri motivasi, dukungan untuk sang penderita, buat lingkungan penderita adalah lingkungan yang ramah dan aman.
3.      Selalu jaga kesehatan jasmani dan jangan lupa kesehatan rohani, karena kesehatan rohani dapat menjauhkan dari gangguan mental atau psikis.



0 komentar:

Posting Komentar