Senin, 08 Mei 2017

Gangguan Bipolar dan Dampaknya Bagi Manusia BAB 1

      BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di zaman seperti ini, makin banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk bekerja dalam waktu yang lama, yang menyebabkan orang stress, tidak punya waktu untuk keluarga, bahkan untuk diri sendiri. Orang-orang melakukan segala hal yang dapat membahagiakannya di dunia ini, mereka terlalu fokus dengan kesehatan jasmani sampai lupa dengan kesehatan rohani yang sangat penting untuk kehidupan. Karena mengabaikan kesehatan rohani, mudah sekali terkena gangguan mental seperti stress dan depresi, jika hal itu tetap berlangsung akan menjadi gangguan yang lebih berbahaya, seperti gangguan bipolar.
Gangguan bipolar adalah kondisi mental yang menyerang kondisi psikis orang yang ditandai dengan perubahan suasana hati atau mood  yang berubah drastis dan ekstrim berupa mania dan depresi. Penyakit ini dinamakan bipolar karena penderitanya dapat berubah suasana dengan tiba tiba, dari  kebahagiaan (Episode Manik atau Mania) dan kesedihan (Episode Depresi). dengan waktu dan pola yang tidak pasti, seperti dua kutub (Bipolar) yang berlawanan (Wikipedia, 2017).
Penderita bipolar dapat memiliki perasaan yang disebut sebagai mood meninggi, energi dan mental meningkat atau hipomanik. Pada waktu lain berupa penurunan mood dengan drastis atau episode depresi. Manik adalah mood yang meningkat, merasa gembira yang luar biasa dan tenaga yang luar biasa, dan depresi adalah kebalikan dari manik, penderita akan merasa murung dan sedih berhari-hari (Amir, 2014).
Di Indonesia juga terdapat kasus yang mengenai gangguan bipolar, salah satunya adalah kasus Marshanda, walaupun gangguan bipolar tidak terlalu dikenal di Indonesia, tetap saja harus waspada dan menjaga kesehatan rohani  agar tidak terkena gangguan bipolar atau gangguan psikis yang lain.

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, karya tulis ini merumuskan beberapa masalah, sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan gangguan bipolar?
2.      Apa saja gejala dan tanda penderita bipolar?
3.      Apa saja penyebab gangguan bipolar?
4.      Siapa tokoh-tokoh yang mengalami bipolar?
5.      Apa dampak dari gangguan bipolar?
6.      Bagaimana cara menangani gangguan bipolar?

C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan hal-hal yang tertera di latar belakang, karya tulis ini ditulis untuk:
1.      Mengetahui lebih lanjut tentang gangguan bipolar
2.      Memperluas wawasan kepada pembaca
3.      Mengetahui apa saja dampak gangguan bipolar
4.      Sebagai salah satu profil lulusan siswa SMP Labschool Jakarta.

D. Pembatasan Masalah
Dari perumusan masalah, karya tulis ini dibatasi ke dampak gangguan bipolar pada penderitanya.

E. Teknik Pengumpulan Data

            Metode penelitian yang digunakan dalam  karya tulis ini adalah studi pustaka, melalui buku dan internet.

0 komentar:

Posting Komentar